cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2022)" : 6 Documents clear
Systematic Literature Review : Efektifitas Media Pembelajaran untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Hilda Angela; Fitrianto Eko Subekti
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v7i3.22190

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya siswa dalam memahami matematika melalui kemampuan komunikasi matematis. Berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan semestinya yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan dilakukannya penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran dan model pembelajaran apa saja yang mendorong serta dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode penelitian ini yang diterapkan peneliti yaitu metode SLR (Systematic Literature Review) dengan mengumpulkan 28 artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian terdapat dua tabel yang berisi tentang media pembelajaran dan model pembelajaran yang mendorong serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan dengan menggunakan sejumlah artikel jurnal yang relevan dan telah melalui proses seleksi dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis meningkat dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran.  Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Media pembelajaran, Model pembelajaran AbstractThis research was conducted on the basis of students' lack of understanding of mathematics through mathematical communication skills. Various kinds of learning models can be used to achieve their proper goals, namely improving students' mathematical communication skills. By conducting this research, it aims to find out what learning media and learning models encourage and can improve students' mathematical abilities. The research method applied to researchers is the SLR (Systematic Literature Review) method by collecting 28 articles related to this research. The results of the study are two tables containing learning media and learning models that encourage and can improve students' mathematical communication skills. Based on literature studies conducted using a number of relevant journal articles and having gone through a selection process, it can be concluded that learning media to support improved mathematical communication skills can use a variety of learning models.  Keywords: Mathematical communication ability, Learning media, Learning model
Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Geogebra Zulfikar Zulfikar; Zainal Azis; Marah Doly Nasution
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v7i3.23467

Abstract

AbstrakMengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis bagi siswa, maka diperlukan suatu cara yang  tepat untuk mengelola proses pembelajaran yang inovatif sehingga dapat dicerna dengan baik oleh peserta didik agar dapat  menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat digunakan adalah dengan menerapkanmodel pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran CPS dan TTW terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Swasta YPK Medan yangtersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Sebelum uji hipotesis penelitian dilaksanakan, telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil uji prasyarat data adalah semuanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya hipotesis penelitian diuji  menggunakan analisis Anova Dua Jalur. Analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CPS dan TTW memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan berpikir kritis matematis, Komunikasi matematis, Geogebra   AbstractConsidering the importance of critical thinking and mathematical communication skills for students, an appropriate way is needed to manage an innovative learning process so that it can be digested properly by students in order to solve problems in learning mathematics. One of the models that can be used is to apply the Creative Problem Solving (CPS) and the Think-Talk-Write (TTW) learning model. This study aims to see the effect of the CPS and TTW learning models on students' mathematical critical thinking and mathematical communication skills on the material of Straight Line Equations. The population of this study were all students of class VIII Junior High School YPK Medan, which was spread over 4 classes. This type of research is quasi-experimental with a test instrument for students critical thinking skills and mathematical communication. Before the research hypothesis test was carried out, a prerequisite test was carried out, namely the normality test and homogeneity test, with the results of the prerequisite test data being all normally distributed and homogeneous. Furthermore, the research hypotheses were tested using two-way ANOVA analysis. The data analysis of this study showed that CPS and TTW learning had a significant positive effect on increasing students' critical thinking skills.  Keywords: Problem-based learning; Mathematical thinking skills; Mathematical communication; Geogebra
PENGARUH EFIKASI DIRI MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 MUHAMMAD AWAL NUR awal
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v7i3.24041

Abstract

The purpose of this study was to determine the magnitude of the effect of mathematics self-efficacy on students' mathematics learning achievement during the Covid-19 pandemic. The research method is ex-post facto quantitative research. The sample in this study was class XI high school students in Bulukumba Regency with a total of 144 students. The data analysis technique in this study is simple linear regression analysis with normality test, linearity test and hypothesis testing using SPSS 16. The results of hypothesis testing indicate that mathematics self-efficacy has a positive and significant effect on mathematics learning achievement of class XI high school students with a significant level of 0, 05 and the value of the regression coefficient of the mathematical self-efficacy variable is 0.240. The magnitude of the effect of mathematics self-efficacy on students' mathematics learning achievement is 18.6%. The conclusion of this study is that mathematics self-efficacy has a positive and significant effect on high school students' mathematics learning achievement.
p Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika Kelas X TO 3 SMKN 3 Bengkulu Selatan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 Nurhusna Husna
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa. Metodologi penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan nilai tes yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menggunakan angket aktivitas siswa untuk setiap siklus. Data dianalisis dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TO 3 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan pada pembelajaran logika matematika. Persentase peningkatan aktivitas siswa secara klasikal sebesar 47,45% pada siklus I menjadi 82,37% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori positif menjadi sangat positif. Selain itu, nilai rata-rata kelas dari 20,80% pada pra siklus meningkat menjadi 75,00% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika kelas X T0 3 semester 2 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar Abstract This study aimed to find out the improvement of student learning activities and results by applying the Problem Based Learning (PBL) Model. The subjects of this study were 28 students of class X T0 3 semester 2 of SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan for the 2021/2022 academic year. The research methodology was Classroom Action Research (PTK) consisting of two cycles. Each cycle was carried out of three meetings with the stages of planning, implementing, observing and reflecting. The data collection technique was to collect the test scores which were carried out at the end of each lesson using the question test instrument (written test). Observation data was carried out using the student activity questionnaire for each cycle. Data were analyzed by means of percentage statistics. The results showed that there was an increase in the activity and learning outcomes of students in class X TO 3 SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan in learning mathematical logic. The percentage of increasing student activity classically was 47.45% in cycle I to 82.37% in cycle II. Student learning activities have increased from good categories to very good. In addition, the class average scores were from 20.80% in pre-cycle increased to 75.00% in cycle I and increased to 89.29% in cycle II. It can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) Model can improve student learning activities and results of mathematical logic material for class X T0 3 semester 2 of SMK Negeri 3 Bengkulu Selatan for the 2021/2022 academic year. Keywords: Problem-Based Learning Model, Learning Activities, Learning Outcomes  
ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA LKPD TERBITAN VIVA PAKARINDO BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Teddy Alfra Siagian; Saprida Yani Harahap; Hanifah Hanifah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v7i3.25857

Abstract

Abstrak LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan instrumen pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep karena memuat banyak soal latihan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada LKPD matematika kelas IX semester genap terbitan Viva Pakarindo berdasarkan taksonomi Bloom revisi dengan metode pengumpulan data yakni dokumentasi dan observasi dan instrumen penelitian berupa lembar klasifikasi dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dari 97 soal terdapat 5 soal tidak lengkap sehingga hanya 92 soal yang layak dianalisis ini terdiri dari soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 16,31%, mengaplikasikan (C3) sebanyak 70,65%, menganalisis (C4) sebanyak 11,95%, dan mengevaluasi (C5) sebanyak 1,09% dan tingkat kognitif yang mendominasi mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta  (C6) dan disimpulkan bahwa soal pada LKPD ini belum memenuhi kriteria soal yang ideal untuk penilaian HOTS (High Order Thinking Skill).   Kata kunci: LKPD, Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif     Abstract LKPD (students' worksheet) is a secondary instrument to improve the understanding of concepts. This study aims to determine the distribution of the cognitive level from the questions in LKPD for 9th grade in second semesters published by Viva Pakarindo based on Bloom’s Taxonomy. The methods for data collection were documentation and observation and the instruments that were used were classification sheets and cognitive level validation sheets. The results were from 97 questions there were 5 incomplete questions. Then from 92 questions, we found that question of understanding (C2) was 19.565%, applying (C3) was 70.34%, analyzing (C4) was 11,95%, and evaluating (C5) was 1.087%. The dominant cognitive level was applying (C3), and no questions for remembering (C1) and creating (C6) then we conclude the questions in this LKPD have not suitable for the ideal HOTS (High Order Thinking Skill) assessment criteria. Keywords: Bloom's Taxonomy, Mathematics, Student Worksheet, Cognitive Level
Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP Santi Cahyo Dewanti; Ummu Sholihah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 7 No 3 (2022)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v7i3.22260

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan diseluruh aspek kehidupan salah satunya adalah pada sistem pendidikan. Diperlukan suatu media yang dapat memfasilitasi dan menarik siswa untuk melakukan aktifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis aplikasi wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Penelitian dilaksanakan di Desa Sukowetan, dengan subjek penelitian kelas VII SMPN 3 Karangan. Adapun hasil penelitian adalah melalui penilaian pakar pendidikan dan media menyatakan bahwa media pembelajaran ini sebagai media yang valid. Begitu juga survey pengguna mendapatkan skor yang tinggi terhadap ketertarikan dan juga penilaian hasil belajar. Media pembelajaran ini kedepannya dapat dikembangkan kembali dengan menambah materi dan fitur lain seperti animasi serta tidak menutup kemungkinan untuk mengkombinasikan dengan aplikasi digital lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6